Pantai Pasir Putih Lampung: Harga Tiket, Foto dan Kelebihannya

Pantai-Pasir-Putih-Lampung---Harga-Tiket,-Foto-dan-Kelebihannya

Lampung merupakan provinsi paling selatan dari Pulau Sumatra. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Samudra Hindia di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah timur, dan Selat Sunda di sebelah selatan. Tak heran, jika banyak sekali wisata pantai yang ada di daerah ini. Salah satu wisata pantai terbaik dan banyak dikunjungi wisatawan adalah Pantai Pasir Putih Lampung. Tertarik untuk ke sana? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Sekilas tentang Pantai Pasir Putih Lampung

Pantai Pasir Putih Lampung (kredit foto: instagram.com/ririn_rahmawati91/)
Nama PantaiPantai Pasir Putih Lampung
LokasiRangai Tri Tunggal, Kec. Katibung, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000/orang
Rating pantai4,1/5.0 – 2.103 ulasan Google

Pantai Pasir Putih Lampung termasuk salah satu pantai terbaik di Lampung Selatan yang memiliki pasir putih dan panorama sunset yang cantik. Tentunya, pantai pasir putih menjadi salah satu favorit orang-orang berkunjung ke pantai ini karena terlihat bersih. Panorama sunset yang cantik mampu membuat pemandangannya jadi semakin memukau.

Tidak seperti kebanyakan pantai yang terdapat di pesisir barat Lampung, ombak di Pantai Pasir Putih Lampung ini tergolong tidak terlalu tinggi. Jadi, kalau ingin mengajak anak-anak bermain pasir atau air di bibir pantai tergolong aman, ya. Namun, tetaplah diawasi supaya tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Selain menikmati pemandangan, kira-kira ada aktivitas menarik lain tidak, ya, yang bisa dilakukan di sini? Simak pembahasan berikut biar kamu semakin tertarik untuk berkunjung ke sini!

  • Snorkeling

Pantai Pasir Putih memiliki air laut yang sangat jernih. Untuk itu, banyak wisatawan yang memanfaatkannya untuk berburu pemandangan bawah laut dengan melakukan snorkeling. Ada banyak sekali yang bisa kamu temukan, mulai dari biota lautnya yang beragam sampai terumbu karang yang tampak sehat dan kokoh.

  • Naik kano

Menyusuri pantai dengan berjalan kaki di sepanjang bibir pantai mungkin sudah biasa. Bagaimana kalau mengelilinginya dengan kano? Tentu akan menjadi pengalaman tersendiri, bukan?

Di sini, kamu bisa menyewa kano, yaitu perahu kecil yang hanya mampu menampung satu orang saja. Cara menjalankannya adalah dengan didayung. Setiap wisatawan yang menaiki kano akan dibekali pelampung demi keselamatan.

  • Menyeberang ke Pulau Condong

Salah satu pantai terbaik di Lampung Selatan ini dikelilingi oleh beberapa bukit yang dipenuhi dengan pepohonan. Salah satu yang paling menonjol adalah Pulau Condong yang terletak tepat di depan pantai. Pengunjung bisa menuju ke pulau ini dengan speedboat.

Rute ke Pantai Pasir Putih Lampung

Semakin tertarik untuk mengunjungi Pantai Pasir Putih? Biar perjalananmu lancar sampai tujuan, kamu perlu tahu rute perjalanan terbaik untuk menuju ke sana. Karena kami nggak tahu, kamu start perjalanan dari mana, maka kami kasih rute dari kota terdekat sebagai panduan buat kamu ya.

Daya Tarik Pantai Pasir Putih Lampung

Ada banyak hal yang akan membuatmu terpesona dengan liburan di Pantai Pasir Putih Lampung. Berikut ini beberapa aktivitas menarik yang kerap dilakukan pengunjung di sana.

  • Menyusuri pantai dengan perahu

Kalau hanya berjalan-jalan atau duduk menikmati pemandangan pantai dirasa membosankan, di Pantai Pasir Putih kamu bisa melakukannya dengan cara berbeda. Cobalah untuk langsung menyaksikan keindahan dari atas lautnya dengan menggunakan perahu.

Kalau punya keberanian lebih, tak ada salahnya mencoba mengendarai kano, yaitu perahu kecil yang hanya bisa digunakan oleh satu orang saja dengan didayung. Gimana, tertarik mencobanya? Pokoknya, di Pantai Pasir Putih ini kamu bakal menemukan pengalaman yang sangat menyenangkan, deh!

  • Pemandangan bawah laut yang memukau

Tak hanya pasir putihnya saja yang bersih, air laut di pantai ini juga sangat jernih. Beragam biota laut dan terumbu karang bisa terlihat jelas dari atas laut. Tidak heran kalau Pantai Pasir Putih Lampung ini menjadi spot favorit pencinta snorkeling.

  • Mengunjungi Pulau Condong dan Pulau Bule

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa di Pantai Pasir Putih Lampung ini memiliki pulau kecil. Selain Pulau Condong, ada pula Pulau Bule yang tak kalah eksotis. Untuk menuju ke dua pulau ini, pengunjung harus menyeberang dari pantai menggunakan perahu.

Jika di Pulau Condong terkenal dengan panorama pantainya dan pengunjung bisa menyaksikan aktivitas nelayan, hal yang berbeda akan didapatkan jika kamu berkunjung ke Pulau Bule. Di Pulau Bule, kamu akan menjumpai pemandangan bawah laut dan yang paling menonjol adalah beragamnya ikan dengan warna cerah yang berenang ke sana ke mari.

Fasilitas wisata di Pantai Pasir Putih Lampung

Untuk membuat pengunjung merasa nyaman, pihak mengelola telah menyediakan fasilitas yang lengkap, mulai dari fasilitas umum hingga fasilitas khusus. Yuk, simak informasinya berikut ini supaya kamu ada gambaran!

Fasilitas umum:

  • Musala
  • Kamar mandi
  • Toilet
  • Tempat parkir
  • Gazebo
  • Sewa kano
  • Sewa perahu
  • Sewa ban
  • Sewa alat snorkeling
  • Toko suvenir
  • Food court
  • Tempat sampah

Kalau butuh nge-charge baterai HP atau kamera, kamu bisa numpang di pemilik warung makan yang ada di pantai ini. Mereka biasanya tidak mematok biaya atau gratis. Namun, tak ada salahnya memberi tip sebagai tanda terima kasih.

Ketika sedang numpang mengisi daya, jaga ponsel atau kameramu sendiri, ya. Pihak pemilik warung tidak akan bertanggung jawab kalau barang-barangmu hilang atau rusak atas keteledoran sendiri.

Spot foto cantik di Pantai Pasir Putih Lampung

Keindahan Pantai Pasir Putih Lampung dapat kamu saksikan melalui rekaman kenangan para wisatawan yang pernah ke sana.

Bibir pantai yang bersih dan air laut jernih (kredit foto: instagram.com/ririn_rahmawati91/)
Spot foto cantik di Pantai Pasir Putih Lampung (kredit foto: instagram.com/reniusnwti591/)
Bermain Kano di Pantai Pasir Putih Lampung (kredit foto: instagram.com/azumafamz_campervan/)
Spot camping asyik di Pantai Pasir Putih Lampung (kredit foto: instagram.com/pikniklampung/)
Spot foto cantik di pinggir pantai (kredit foto: instagram.com/fitrivianiov/)

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Berikut prakiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Pantai Pasir Putih Lampung. Secara umum, biayanya tidak terlalu mahal. Namun, itu tentu tergantung pada apa saja aktivitas yang kamu ikuti.

Harga tiket masukRp20.000/orang
Biaya parkirRp15.000/motor
Rp20.000/mobil
Biaya makanRp25.000
Biaya minumRp5.000
Biaya sewa perahuRp150.000–250.000/perahu (bisa untuk 10 orang)
Biaya sewa kanoRp15.000–25.000/kano
Biaya sewa alat snorkelingRp100.000/set
Biaya ke toiletMandi: Rp5.000/orang
Kencing: Rp2.000/orang

Dari data perkiraan biaya di atas, rata-rata wisatawan di Pantai Pasir Putih Lampung menghabiskan uang sekitar Rp200.000 per orang.

5 kelebihan Pantai Pasir Putih Lampung

Masih ragu mengunjungi Pantai Pasir Putih Lampung? Berikut adalah beberapa kelebihan pantai yang bisa kamu nikmati.

  • Dengan berbagai pesona yang dimilikinya, harga tiket masuk Pantai Pasir Putih Lampung relatif terjangkau, yaitu hanya Rp20.000/orang.
  • Lokasi Pantai Pasir Putih Lampung cukup mudah dijangkau karena letaknya yang tidak jauh dari jalan raya Lintas Sumatera.
  • Jika berkunjung ke sini, tak perlu khawatir dengan fasilitas umumnya karena sudah tersedia secara lengkap. Mulai dari musala, kamar mandi, toilet, hingga warung makan.
  • Memiliki pasir putih bersih dan lembut berpadu dengan air laut yang jernih dengan gradasi warna yang memukau menjadi daya tarik tersendiri dari pantai ini.
  • Bagi yang berniat mengadakan pertemuan atau pertemuan, di pantai ini sudah tersedia tempatnya.

5 kekurangan Pantai Pasir Putih Lampung

Layaknya tempat wisata pada umumnya, Pantai Pasir Putih memiliki kekurangan. Kekurangan ini kami himpun melalui ulasan pengunjung yang pernah ke sana:

  • Mungkin karena ramai pengunjung, ada beberapa oknum yang tampaknya kurang peduli dengan kebersihan lingkungan pantai dengan meninggalkan sampah yang dibuang tidak pada tempatnya
  • Penataan parkir di pantai ini tidak terlalu bagus. Tidak ada area khusus untuk parkir kendaraan, jadi pengunjung diarahkan untuk parkir di sembarang tempat.
  • Tidak ada patokan harga yang pas untuk sewa perahu. Kalau berminat menyewa perahu dan dirasa terlalu mahal, tak ada salahnya untuk menawar.
  • Tidak seperti tempat wisata lain pada umumnya, Pantai Pasir Putih Lampung tidak memiliki spot yang memang dibuat untuk keperluan foto
  • Untuk yang sengaja mencari tempat yang tepat untuk healing atau mencari ketenangan, agaknya tempat ini kurang cocok untuk dikunjungi. Terlebih pada waktu hari libur tiba

Kesimpulan

Demikian review Pantai Pasir Putih Lampung yang bisa kami bahas. Semoga dengan ulasan ini, kamu semakin mendapatkan gambaran tentang destinasi wisata pantai ini. Bagaimana, semakin tertarik untuk berkunjung ke pantai yang ada di Lampung Selatan ini? Jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan dan hindari melakukan tindakan yang bisa merugikan diri sendiri dan pengunjung lain, ya! Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.