Pantai Kuta: Tiket Masuk, Daya Tarik & Kelebihannya

Pantai-Kuta---Tiket-Masuk,-Daya-Tarik-dan-Kelebihannya

Liburan ke Bali belum lengkap jika belum berkunjung ke Pantai Kuta. Sejak awal 1970-an, pantai ini memang menjadi andalan pariwisata Pulau Dewata. Pantai Kuta merupakan tempat wisata terbaik jika ingin surfing dan menikmati senja di Bali. Bagi kamu yang tertarik berkunjung ke Pantai Kuta, maka simak informasi seputar Pantai Kuta berikut ini. Mulai dari lokasinya, harga tiket masuk, prakiraan budget, hingga berbagai kelebihannya yang bakal bikin kamu terpesona!

Sekilas tentang Pantai Kuta

Keindahan Pantai Kuta di Badung, Bali (kredit foto: instagram.com/_enjoynow_/)
Nama PantaiPantai Kuta
LokasiKec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp0 (Gratis)
Rating pantai4,5/5.0 – 37.074 ulasan Google

Kalau bicara tentang wisata pantai di Bali, maka nama Pantai Kuta akan selalu muncul. Lokasi Pantai Kuta berada di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Dari Bandara Ngurah Rai, jaraknya hanya sekitar 1,5 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 15 menit perjalanan saja. Akses jalannya pun sudah sangat bagus.

Pantai Kuta memang sangat populer di kalangan wisatawan domestik, bahkan wisatawan mancanegara. Tidak heran jika kamu bisa melihat banyak bule yang datang ke Pantai Kuta. Siapa sangka pantai yang dulunya merupakan pelabuhan dagang ini pada akhirnya bisa menjadi ikon pariwisata Bali. Tempatnya sangat cocok untuk liburan bersama teman, pasangan, maupun keluarga. Dengan segala daya tariknya, Pantai Kuta menjadi salah satu pantai terindah di Badung yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara.

Pantai Kuta memiliki garis pantai yang sangat panjang. Pasir putih kecokelatan terhampar luas sehingga nyaman untuk berbagai aktivitas. Mulai dari berjemur, bermain bola, bermain layangan, ataupun bermain pasir. Sekadar duduk santai sembari menikmati suguhan kelapa muda pun akan terasa menyenangkan. Namun, bukan hanya itu. Pantai Kuta masih akan membuatmu jatuh cinta di kala senja! Momen golden sunset di Pantai Kuta terkenal sangat cantik. Suasananya syahdu dan sangat romantis. Karena senjanya yang sangat indah inilah Pantai Kuta mendapat julukan sebagai “sunset beach”.

Untuk kamu yang tertarik dengan surfing, maka Pantai Kuta adalah tempat yang tepat. Gulungan ombaknya bagus dan aman untuk surfing, terutama bagi peselancar pemula. Selain itu, Pantai Kuta juga masih aman untuk berenang walaupun ombaknya lumayan besar. Yang penting, patuhi rambu keamanan yang terpasang di sepanjang pantai.

Rute ke Pantai Kuta

Akses jalan menuju Pantai Kuta sudah bagus. Kamu bisa menuju ke pantai ini dengan menggunakan mobil maupun sepeda motor. Kamu bisa cek beberapa rute sebagai panduan untuk tiba di Pantai Kuta. Berikut rute ke Pantai Kuta dari kota terdekat:

Catatan: Pantai Kuta berada di dekat pusat kota. Lokasinya juga dekat dengan jalan utama. Sering kali kondisi jalan cukup padat pada jam dan hari tertentu. Berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor menjadi cara terbaik untuk menuju ke pantai ini. Kalaupun harus menggunakan mobil atau bus, sebaiknya datang lebih awal, atau hindari jam-jam saat lalu lintas padat.

Daya Tarik Pantai Kuta

Bukan tanpa sebab mengapa Pantai Kuta menjadi salah satu pantai favorit di Bali. Pantai Kuta memiliki daya tarik yang membuat banyak orang jatuh hati hingga betah berlama-lama menghabiskan waktunya di sini.

1. Ombaknya cocok untuk surfing.

Daya tarik utama dari pantai Kuta adalah tipe ombak yang besar dan bagus untuk surfing. Banyak wisatawan, terutama bule, yang datang ke Pantai Kuta khusus untuk surfing saja. Gulungan ombaknya memang besar, tetapi masih aman untuk peselancar pemula. Jika tertarik surfing di pantai Kuta, maka kamu bisa menyewa papan selancar seharga Rp50.000,00 – Rp75.000,00 per jam.

Harganya bervariasi tergantung ukuran dan kualitas dari papan selancar. Atau, kalau mau lebih santai, kamu bisa menyewa boogie board yang ukurannya lebih kecil. Harga sewanya mulai dari Rp50.000,00 untuk 60 menit pemakaian. Khusus untuk kamu yang ingin belajar surfing, ada banyak instruktur lokal yang menawarkan jasa kursus. Tarifnya cukup murah, yaitu sekitar Rp150.000,00 – Rp300.000,00 (tergantung durasi kursus yang dipilih). Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan materi seputar pengenalan alat surfing, teknik pernapasan, dan cara penggunaan papan surfing.

2. Sunset-nya sangat cantik.

Semakin sore, Pantai Kuta akan semakin ramai. Sebabnya, Pantai Kuta terkenal dengan pesona matahari terbenamnya yang sangat cantik. Banyak yang menyebutnya sebagai golden sunset. Wisatawan biasanya akan betah menghabiskan waktu untuk menikmati senja. Banyak juga yang khusus datang untuk berfoto dengan latar matahari terbenam yang memesona ini.

3. Garis pantai panjang dan pasirnya putih kecokelatan.

Keunggulan Pantai Kuta adalah tipe pantainya yang landai, dengan garis pantai yang panjang. Bibir pantainya juga lebar dan dipenuhi dengan hamparan pasir putih kecokelatan yang halus. Selain itu, tidak ada berbatuan karang yang tajam di sepanjang pantai. Jadi, wisatawan bisa melakukan banyak aktivitas dengan nyaman dan aman. Beberapa payung pantai dan tikar bisa dimanfaatkan untuk bersantai di pinggir pantai sembari menikmati pemandangan laut lepas. Ada juga deretan sunbed yang bisa disewa untuk berjemur.

4. Dekat dengan banyak tempat kuliner, tempat hiburan, dan penginapan

Di sekitar Pantai Kuta banyak sekali tempat-tempat menarik. Dijamin kamu bakal puas seru-seruan di pantai ini. Bagi penggemar kuliner, ada belasan warung makan, cafe, hingga restoran. Kamu bisa berburu aneka kuliner lokal khas Bali, menu masakan nusantara lainnya, hingga menu western.Berbagai toko cinderamata, toko oleh-oleh, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan juga bisa dijangkau dengan mudah dari Pantai Kuta.

Ada beberapa pantai yang lokasinya berdekatan dengan Pantai Kuta. Misalnya seperti Pantai Legian, Pantai Jerman, Double Six Beach, atau Pantai Seminyak. Selain itu, Pantai Kuta juga dekat dengan banyak tempat menginap. Mulai dari yang harganya bersahabat untuk para backpacker hingga kelas hotel berbintang.

5. Lokasinya strategis.

Lokasi Pantai Kuta terbilang strategis karena berada di pinggir jalan utama. Kamu bisa menemukan pantai ini dengan mudah. Banyak petunjuk arah yang jelas di sepanjang perjalanan. Pantai Kuta bisa diakses melalui banyak rute, dengan kondisi jalan yang sudah teraspal bagus. Berbagai moda transportasi, seperti mobil, sepeda motor, hingga bus berukuran besar bisa digunakan untuk menuju ke Pantai Kuta.

6. Ada tempat konservasi penyu

Selain populer sebagai tempat rekreasi, Pantai Kuta juga menjadi salah satu tempat konservasi penyu. Di Pantai Kuta terdapat Kuta Beach Sea Turtle Conservation Centre (KBSTCC) yang dikelola oleh Bali Sea Turtle Society. Organisasi nir laba ini fokus melindungi penyu dan habitatnya.

Nah, menariknya, KBSTCC rutin melakukan pelepasan tukik (baby turtle release) ke habitatnya di laut. Pelepasan tukik ini terbuka untuk umum sehingga kamu pun bisa ikut ambil bagian. Jadi, selain rekreasi, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru lainnya. Untuk ikut dalam kegiatan pelepasan penyu di Pantai Kuta ini tidak ada biaya khusus. Namun, kamu bisa berdonasi untuk membantu keberlangsungan KBSTCC dalam program perlindungan penyu.

Fasilitas wisata di Pantai Kuta

Berwisata di tempat yang fasilitasnya lengkap pasti sangat menyenangkan. Nah, diPantai Kuta ini fasilitasnya sudah sangat memadai. Berikut ini daftar fasilitas yang bisa kamu manfaatkan saat berwisata di Pantai Kuta.

Fasilitas umum wisata:

  • Toilet
  • Musala
  • Area parkir
  • Warung makan
  • Restoran
  • Cafe
  • Persewaan payung pantai dan sunbed
  • Persewaan tikar
  • Persewaan alat surfing
  • Taman
  • Toko oleh-oleh
  • Toko suvenir
  • Tourist information centre

Fasilitas hiburan:

  • Pusat perbelanjaan
  • Bar and lounge
  • Beach club
  • Sewa dokar

Fasilitas khusus:

  • Tempat latihan surfing
  • Penginapan murah (tipe homestay, guesthouse, hotel kelas melati)
  • Hotel berbintang
  • ATM centre

Catatan:

  • Di pantai ini belum tersedia fasilitas charge station khusus. Pastikan mengisi penuh daya baterai ponsel dan kameramu terlebih dahulu.
  • Beberapa fasilitas ada yang berbayar. Beberapa ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi. Pintar-pintarlah menawar untuk mendapatkan harga terbaik.
  • Untuk fasilitas parkir kendaraan besar tersedia di central parking Kuta. Dari sana, pengunjung bisa lanjut menggunakan shuttle khusus untuk menuju ke Pantai Kuta. Tarifnya Rp10.000,00/orang.

Spot foto cantik di Pantai Kuta

Pantai Kuta memiliki pesona alam yang sangat cantik. Maka tak heran, banyak wisatawan gemar foto-foto di sana. Lalu, di mana saja spot foto cantik di Pantai Kuta yang bagus? Berikut beberapa spot foto cantik di Pantai Kuta yang wajib kamu kunjungi, di antaranya:

Gapura Pantai Kuta saat Sore Hari (kredit foto: instagram.com/balikami/)
Spot belajar surfing di Badung, Bali (kredit foto: instagram.com/dhanaputra/)
Keindahan bibir pantai di Pantai Kuta, Badung, Bali (kredit foto: instagram.com/shiolbi/)
Surfing di Pantai Kuta, Badung, Bali (kredit foto: instagram.com/27surfschoolbali/)
Bersantai di Pantai Kuta, Badung, Bali (kredit foto: Joe Sampouw)

Prakiraan biaya pengeluaran saat berwisata

Untuk kenyamanan saat berwisata ke Pantai Kuta, sebaiknya kamu mempersiapkan budget yang cukup sejak awal. Dengan budget yang cukup, maka kamu bisa menikmati liburan dengan lebih puas. Baik itu untuk konsumsi hingga sewa fasilitas di tempat wisata.

Berikut prakiraan biaya yang akan kamu keluarkan saat bertamasya di Pantai Kuta:

Biaya tiket masukGratis
Biaya parkirRp2.000,00/sepeda motor Rp5.000,00/mobil
Biaya makanRp10.000,00 (nasi jinggo) Rp12.000,00 (jagung bakar) Rp20.000,00 (nasi ayam sayur)
Biaya minumRp10.000,00 (air mineral ukuran sedang) Rp15.000,00 (kelapa muda)
Biaya sewa sunbedRp35.000,00 – Rp50.000,00
Biaya sewa tikarRp10.000,00 – Rp15.000,00
Biaya sewa payungRp50.000,00
Biaya sewa papan surfingRp50.000,00 – Rp75.000,00 (60 menit).
Biaya sewa boogie boardRp50.000,00 (60 menit)
Biaya sewa dokar berkeliling kawasan Pantai KutaRp50.000,00 – Rp100.000,00
Biaya ke toiletRp2.000,00 – Rp4.000,00/orang.
Biaya lukis tato temporerRp50.000,00 – Rp300.000,00
Jasa pijatRp75.000,00 (60 menit)


Dari data prakiraan biaya di atas, rata-rata wisatawan di Pantai Kuta menghabiskan uang sekitar Rp275.000 per orang. Prakiraan biaya tersebut masih standar, ya. Budget yang perlu dikeluarkan bisa saja lebih besar atau malah lebih kecil. Tergantung banyaknya fasilitas berbayar yang kamu gunakan. Harga ini pun masih bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi setempat.

5 kelebihan Pantai Kuta

1. Lokasinya strategis sehingga mudah dijangkau. Selain itu, banyak tempat-tempat menarik lainnya di sekitar Pantai Kuta.

2. Tipe pantai dan gulungan ombaknya cocok untuk para peselancar pemula.

3. Sunset-nya memesona, cocok untuk yang menyukai suasana senja nan romantis.

4. Tidak ada harga tiket masuk khusus yang dikenakan pada pengunjung.

5. Fasilitas wisatanya sudah sangat memadai.

5 kekurangan Pantai Kuta

1. Terlalu padat pengunjung, terutama saat hari libur.

2. Di beberapa titik masih banyak sampah berserakan.

3. Banyak pedagang cinderamata dan tukang pijat yang datang menghampiri untuk menawarkan barang dagangan maupun jasanya. Beberapa terkesan ‘memaksa’ sehingga membuat kurang nyaman.

4. Area parkir mobil masih terbatas. Agak sulit menemukan tempat parkir mobil terutama saat hari libur karena padat pengunjung.

5. Menjelang sore dan malam hari jalan menuju Pantai Kuta sangat ramai. Lalu lintas cukup padat dan sering macet.

Kesimpulan

Pantai Kuta sudah populer hingga ke mancanegara. Terutama sebagai tempat berselancar dan tempat menikmati senja dengan pesona matahari terbenam terbaik. Dengan segala fasilitas yang ada, serta lokasinya yang strategis, kamu bisa menghabiskan liburan seru di Pantai Kuta. Budget liburan yang dibutuhkan pun tergolong bersahabat di kantong. Jadi, pastikan kamu memasukkan pantai ini sebagai tujuan liburanmu selanjutnya di Pulau Dewata, ya. Ajak teman atau keluarga biar makin seru!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.