7 Jenis Turnamen Mobile Legends

Turnamen Mobile Legends

Mobile Legends: Bang Bang merupakan game MOBA yang dirilis oleh Moonton. Saat ini Mobile Legends telah berkembang menjadi mobile game yang paling populer di dunia, salah satunya di Indonesia. Bahkan setiap hari ada ribuan yang memainkan game ini, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Indonesia hingga saat ini masih menjadi penyumbang jumlah pemain game Mobile Legends terbesar di wilayah Asia Tenggara.

Dengan lebih dari 20 juta pemain, potensi game Mobile Legends ini sebagai cabang esports juga sangat besar. Tetapi untuk bisa menjadi atlet esports profesional tentu membutuhkan perjuangan yang berat.

Tidak hanya untuk bersenang-senang saja, game Mobile Legends saat ini sudah menjadi salah satu permainan kompetitif yang sering diperlombakan dalam turnamen. Turnamen Mobile Legends diselenggarakan untuk mengadu kemampuan dari tim-tim esports profesional.

Ada berbagai macam turnamen Mobile Legends: Bang Bang yang pernah diselenggarakan maupun yang akan terus diselenggarakan, baik tingkat nasional maupun tingkat internasional. Lalu, apa saja jenis-jenis turnamen Mobile Legends? Berikut penjelasannya.

1. Mobile Legends World Championship

Mobile Legends World Championship (MLBB World Champions) merupakan turnamen tingkat dunia Mobile Legends. Turnamen terbesar ini melibatkan para pemain profesional dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Selain itu, turnamen ini pertama kali diadakan pada tahun 2019. Turnamen ini merupakan upaya Moonton untuk mendukung perkembangan industri esports.

Menariknya pada Season pertama turnamen Mobile Legends World Championship, tim dari Indonesia yakni  Evos Legends berhasil meraih gelar juara dunia dan membawa pulang hadiah Rp 3,5 Miliar.

2. MSL Mobile Legends

Mobile Star League (MSL) merupakan turnamen Mobile Legends terbesar yang dihadiri oleh tim-tim profesional dari negara-negara di Asia Tenggara. Turnamen MSL Mobile Legends tersebut diselenggarakan sejak tahun 2018 oleh perusahaan asal Malaysia, yakni Seth & Merv Productions.

3. MIC – Mobile Legends Intercity Championship

Moonton sendiri mengadakan turnamen Mobile Legends Intercity Championship (MIC) untuk memberikan kesempatan para pemain Mobile Legends yang belum terlalu profesional menunjukkan skill mereka. 

 Turnamen Mobile Legends Intercity Championship sudah digelar di beberapa kota besar di Indonesia pada tahun 2019 lalu. Dengan diikuti peserta yang banyak, ternyata peminat game Mobile Legends di Indonesia sendiri jumlahnya sangat banyak.

4. MSC – Mobile Legends: Bang-Bang Southeast Asia Cup

Turnamen Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup (MSC) merupakan turnamen Mobile Legends terbesar untuk tingkat Asia Tenggara. Sesuai dengan namanya, turnamen MSC hanya melibatkan tim-tim profesional Mobile Legends dari negara-negara di Asia Tenggara.

Pemenang dari turnamen  Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup ini akan mendapatkan tiket ke babak final yang menjadi cikal bakal akan diselenggarakannya turnamen Mobile Legends tingkat dunia yaitu Mobile Legends World Championship (MLBB World Champions).

5. MPL – Mobile Legends Professional League

Turnamen Mobile Legends Professional League merupakan turnaman yang banyak menyita perhatian semua gamers di Indonesia. Menariknya turnamen Mobile Legends Professional Leagues hadiah utamanya mencapai Rp 4,2 Miliar menjadi alasan kenapa banyak yang tegiur untuk mengikutinya.

 Turnamen Mobile Legends Professional League dimulai dari group stage, dalam MPL season 6 lagi dan lagi tim RRQ Hoshi yang keluar menjadi juaranya.

Dengan adanya hal ini tentu saja RRQ merupakan tim pertama yang memenangkan MPL selama 2 musim berturut-turut.

6. MPL ID

Turnamen Mobile Legends Professional League Indonesia (MPL ID) merupakan turnamen tingkat nasional Mobile Legends di Indonesia. Turnamen ini merupakan liga utama Mobile Legend yang diselenggarakan Moonton untuk penggemar esports di Indonesia.

Turnamen MPL ID sudah diselenggarakan sejak tahun 2018, turnamen nasional ini juga menyediakan hadiah dengan nominal uang yang tidak sedikit. Selain itu, turnamen ini selalu menarik perhatian para player Mobile Legends di tanah air karena menghadirkan para pro-player Indonesia yang siap bersaing.

Berita yang dirilis dari Ponselio menyebutkan bahwa turnamen MPL ID 2021 (MPL S8) ini telah dimulai pada 13 Agustus hingga 3 Oktober mendatang.

7. MPL Invitational Nation Cup 2020

Turnamen MPL Invitational Nation Cup 2020 merupakan turnamen Mobile Legends terbesar yang pernah ada. Selain hadiahnya yang sangat besar, turnamen ini juga memiliki jumlah penontonnya yang sangat banyak.

Selain itu, turnamen ini melibatkan tim-tim esports  Asia Tenggara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Myanmar.

Para pecinta game Mobile Legends sangat berantusias untuk mendukung tim kebanggaan mereka, dan lebih menariknya lagi sekitar 80% penontonnya adalah masyarakat Indonesia.

Itulah ulasan yang membahas tentang 7 jenis-jenis turnaman Mobile Legends terbesar. Semoga ulasan yang kami berikan bermanfaat untuk Anda, sampai jumpa pada pada artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.