Irama Hijaz: Pengertian, Sifat, Kegunaan, dan Tingkatannya

Salah satu irama Al-Qur’an yang populer di Indonesia adalah irama hijaz termasuk salah satu dari 7 irama seni baca Al-Qur’an. Untuk lagu ini sebenarnya berasal dari negeri Hijaz yang dimaksud adalah Mekah dan Madinah. 

Mengetahui alunan musik yang berasal dari negara timur ini akan membuat Anda semakin merasakan berbagai sensasi keislaman. Yuk, kenali lebih dalam untuk irama yang sangat populer di kalangan pembaca Al-Qur’an ini. 

Apa Itu Irama Hijaz? 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk bacaan Qur’an berasal dari Negeri Hijaz. Jadi, untuk gambarannya sendiri seperti tempat asalnya yaitu khas ketimuran. Untuk lagu yang memiliki khas timur maka akan terkesan indah, mendasar, dan bisa dikumandangkan oleh penggembala unta. 

Jadi, untuk nada ini sangat cocok digunakan oleh orang yang menyukai musik abad pertengahan negeri timur. Jika ingin mengenalnya maka bisa dirasakan bahwa alunannya cukup bersemangat dan sangat tegas sehingga untuk pembacaan doa sangat bermakna. 

Contohnya untuk tabaqat bisa dilantunkan pada ayat-ayat do’a, perintah, maupun amarah. Namun, untuk pergerakan dari alunan ini cukup fleksibel sehingga bisa menghidupkan sebuah persembahan. 

Bagi pembaca Al-Qur’an yang memiliki sebuah suara tinggi dan lantang bisa membawakan irama dengan sangat antusias dan bermakna. Bahkan, bisa digunakan untuk menegaskan dari maksud Al-Qur’an karena iramanya yang cukup tegas. 

Sifat dan Kegunaan Lagu Hijaz

Memiliki sebuah sifat dan kegunaan tersendiri membuat lagu hijaz diminati oleh banyak pembaca untuk menyampaikan sebuah maksud dari Al-Qur’an. Contohnya saja untuk ayat yang ditujukan sebagai perintah maupun ancaman bagi orang kafir. 

Namun, masih terdapat beberapa sifat dan kegunaan lainnya yang bisa Anda ketahui menurut pesantrenterbaik.com, yaitu:

  1. Sifat-Sifat Irama Hijaz

Dalam sifat-sifat yang dimiliki oleh lagu hijaz ini sebenarnya sudah dijelaskan di atas. Akan tetapi, untuk mengenal lebih lanjut bisa melihat pada poin di bawah ini:

  • Memiliki gerakan lembut namun juga berkesan. 
  • Terdapat ketegasan dan semangat di dalam lantunan nadanya. 
  • Bisa disesuaikan dengan tingkatan suara mana pun. 
  • Cocok untuk ayat yang memiliki tujuan teguh, marah, dan perintah. 
  1. Kegunaan Lagu Hijaz

Sedangkan, untuk lagu ini memiliki berbagai macam kegunaan seperti:

  • Memberikan sebuah penyemangat kepada bacaan secara menyeluruh. 
  • Memberikan kepuasan baik bagi para pendengarnya maupun pembaca. 
  • Memiliki ketegasan dalam nadanya dan fasih dalam bacaan. 

Tingkatan Irama Hijaz

Untuk praktik menggunakan irama ini sebenarnya sama halnya seperti irama Nahawand namun lebih tepatnya digunakan setelah nahawand. Jadi, untuk awal maqom hijaz adalah akhir dari nahawand. 

Beberapa tingkatan yang dimiliki oleh irama ini adalah awal maqom, hijaz kar, hijaz kar dan kur, serta alwan hijaz. Sehingga Anda bisa menyesuaikan saja sesuai kebutuhan yang diinginkan dalam melantunkannya. Apakah Anda sudah paham dalam penggunaan irama hijaz ini? Pastinya untuk irama nahawand juga bisa dipahami secara mendalam sehingga dapat melantunkan kombinasi dari dua irama yang populer ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.