Ikan Bawal: Fakta Menarik yang Perlu Diketahui

Pernah mendengar tentang ikan bawal sebelumnya? Ya, bawal adalah salah satu ikan yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Bahkan, di kalangan pemancing, bawal menjadi jenis ikan yang paling sering dijadikan pilihan untuk perlombaan memancing karena pemilihan umpan ikan bawal memiliki kesulitan tersendiri.

Meskipun sekilas mirip dengan piranha, terutama gigi yang tajam, namun bawal termasuk ikan yang bisa dikonsumsi. Ikan yang satu ini memiliki daging yang cukup tebal, meskipun bentuk tubuhnya terlihat pipih.

Nah, ada beberapa fakta menarik seputar ikan ini yang perlu Anda ketahui. Apa saja fakta menarik tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Habitat Asal Ikan Bawal

Ikan bawal yang ada di Indonesia merupakan ikan yang berasal dari sungai Amazon yang ada di Brazil. Seperti yang dibahas sebelumnya, bawal memiliki bentuk badan yang pipih.

Ikan ini juga memiliki kulit dengan warna cenderung perak dan sirip berwarna merah atau kuning.

Bawal hidup secara bergerombol. Di alam bebas, mereka akan membentuk satuan kelompok kecil dan mendiami wilayah tertentu.

Mereka dengan kelompok kecil tersebut akan bertindak sebagai penguasa daerah di mana nantinya akan melawan ikan lain yang dianggap mengusik.

Meskipun demikian, saat ini, bawal sudah banyak dibudidayakan. Nilai ekonomi yang cukup tinggi membuat banyak budidaya bawal tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Makanan Ikan Bawal

Memiliki gigi yang sangat tajam, sekilas, bawal memang sangat mirip dengan piranha. Nah, bawal sendiri termasuk ke dalam ikan berjenis karnivora alias pemakan daging.

Oleh karenanya, di alam liar, makanan utama dari bawal adalah sejenis udang, katak, siput, serta ikan-ikan kecil yang ada di sekitar habitat tempat ia tinggal.

Jenis makanan tersebut sama saja untuk jenis ikan bawal laut dan bawal tawar. Meskipun, diantara bawal laut dan bawal tawar memiliki beberapa perbedaan, terutama dalam morfologi.

Misalnya, bawal laut memiliki sirip punggung cenderung lebih panjang, sedangkan bawal tawar lebih pendek serta berada di bagian tubuh belakang.

Demikian beberapa ulasan tentang fakta menarik bawal yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.