Cara Menggunakan OBS Studio Untuk Zoom Paling Mudah

cara menggunakan obs studio untuk zoom

Cara Menggunakan OBS Studio Untuk Zoom – Pengguna Zoom semakin umum digunakan dalam kegiatan virtual meeting. Namun, terkadang tampilan video dalam Zoom tidak standar sehingga dibutuhkan software penunjang seperti OBS. Open Broadcaster Software (OBS) merupakan software yang digunakan sebagai alat perekam video dan live streaming yang bagus dan praktis. Berikut cara menggunakan OBS Studio untuk Zoom yang dapat kami simpulkan dari zencreator.id :

Cara Menggunakan OBS Studio Untuk Zoom Paling Mudah

1. Download Plugin OBS Studio

Open Broadcaster Software merupakan program yang memungkinkan untuk merekam dan menyiarkan siaran langsung di internet. Selain itu, OBS juga berfungsi untuk mengkonfigurasi audio maupun video untuk perekaman dengan kualitas dan format yang dapat diatur sesuai kebutuhan.

Langkah pertama cara menggunakan OBS studio untuk Zoom adalah mendownload Plugin OBS Virtual Cam dengan membuka halaman resmi OBS Studio. Lalu klik, tombol Windows atau entri unduh untuk mulai mendownload file instalasi dan pilih solusi unduhan yang paling sesuai dengan kebutuhan.

2. Siapkan Tampilan OBS Studio

Langkah selanjutnya cara menggunakan OBS Studio untuk Zoom adalah menyiapkan tampilan di OBS. Kelemahan Zoom adalah virtual background yang memiliki konfigurasi yang terbatas. Tampilan display di OBS Studio nantinya akan tayang dalam Zoom.

Penggunaan Open Broadcaster Software (OBS) membantu tata letak yang bebas dikelola sehingga akan menghasilkan video yang bagus. Tambahkan berbagai media seperti gambar, green screen, webcam atau tata letak media tersebut. Selain itu, ada fitur-fitur lain yang membuat video Zoom lebih baik.

3. Install OBS Virtual Cam

OBS Virtual camera merupakan perangkat buatan yang digunakan untuk menampilkan jendela kerja OBS Studio. Perangkat ini terintegrasi dengan input kamera seperti Zoom Dan Google Meet. Jadi, OBS Virtual Cam berfungsi sebagai penghubung OBS Studio dengan Zoom.

Unduh Plugin OBS Virtual Cam di forum OBS Studio dan klik Source code untuk mulai mengunduh file instalasi. Dapatkan file dengan format .exe atau zip untuk Windows installer. Setelah itu, install OBS Virtual cam seperti biasa dengan memilih next dan yes sampai selesai. Lalu restart program OBS Studionya.

4. Hubungkan OBS Studio Dengan Zoom

Setelah memasang OBS Studio dan OBS Virtual cam. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan OBS Studio dengan Zoom. Proses untuk menghubungkan OBS Studio dan Zoom cukup mudah dan praktis. Pengguna hanya memilih dan mengarahkan sumber kamera ke software yang digunakan.

Buka aplikasi OBS Studio untuk menghubungkan dengan Zoom lalu pilih Virtual Cam. Selalu pastikan posisi Target kamera pada OBS-Camera dan centang Autostart. Tambahkan tampilan interface dengan icon + Source lalu pilih Video Capture device dan konfirmasi video capture device. Selanjutnya untuk fitur screen capture pilih tombol + di kotak source lalu klik bagian window capture.

5. Atur Zoom Agar Terhubung Dengan OBS Studio

Langkah selanjutnya cara menggunakan OBS Studio Untuk Zoom adalah mengatur aplikasi Zoom agar terhubung dengan OBS Studio. Hal ini bertujuan agar fitur-fitur di dalam OBS Studio dapat terintegrasi dengan aplikasi Zoom. Sehingga output video dari aplikasi OBS dapat digunakan untuk Zoom.

Langkah pertama adalah buka aplikasi Zoom lalu login ke akun Zoom meeting selanjutnya pilih settings dan video. Langkah terakhir, dalam kotak kamera ubah menjadi format OBS-Camera. Apabila langkah-langkah tersebut sudah dilaksanakan semua maka Zoom otomatis terhubung dengan OBS Studio.

Cara menggunakan OBS studio untuk Zoom sangatlah mudah dan praktis. Penggunaan virtual camera membuat integrasi OBS Studio dengan aplikasi lain lebih gampang. Namun, beberapa hal yang perlu dicermati yakni adanya media input tambahan seperti suara yang harus dipadukan dengan sound virtual, sehingga ketika pemutaran video di OBS suara dapat masuk Zoom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.